RSS

kalender blog

sahabat blog



Berbagai Media Relasi dalam Public Relation

Defenisi Media Relasi Menurut Para Ahli
1.      Philip Lesly (1991:7) memberikan definisi MediaRelations sebagai hubungan dengan mediakomunikasi untuk melakukan publisitas ataumerespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.
2.      Yosal Iriantara (2005:32) mengartikan Media Relations merupakan bagian dari Public Relations eksternalyang membina dan mengembangkan hubungan baikdengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publik untuk mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan pengertian Media Relations adalah relasi yang dibangundan dikembangkan dengan media untuk menjangkau public guna meningkatkan pencitraan, kepercayaan.


Fungsi Media Relation
1.      Dapat meningkatkan citra perusahaan
2.      Meningkatkan kepercayaan public terhadapa produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
3.      Meningkatkan pnit of selling dari produk dan jasa
4.      Membantu perusahaan keluar dari komunikasi krisis
5.      Meningkatkan relasi dari beragam public, seperti terhadap lembaga pemerintah, perusahaan-perusahaan, organisasi kemasyarakatan, maupun individu.
Media Relations. Perkembangan teknologi dan pengaruhnya terhadap bentuk-bentuk media massa memberikan pengaruh yang berarti bagi perusahaan. Liputan yang baik di media akan memberikan pencitraan yang baik pula bagi perusahaan, meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam memakai produk perusahaan, dan akhirnya menumbuhkan minat pemodal untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan. Aktifitas Public Relations inilah yang menjalin relasi dengan media dan mendapatkan kepercayaan dari liputan media.

Macam-macam media Public Relation.

Untuk mendukung mendukung kegiatan Public relation maka di butuhkan media, media yang bisa digunakan adalah:
1.      Media cetak. Adalah suatu media yang penyajian pesanya tercetak, misalnya, hous jurnal, majalah, surat kabar (koran).
2.      Media elektronik, media elektronik seperti Audio (Radio) dan Audio Visual (Televisi).
a)      Radio.
Media komunikasi Radio atau yang biasa di sebut media Audio merupakan media utama informasi, hiburan dan pendidikan masa yang sangat populer. Selama 60 tahun lebih radio menduduki peran utama sebagai media komunikasi.
b)      Televisi.
Televisi merupakan suatu media komunikasi yang sering di sebut audio visual, maksudnya suatu alat yang bisa memberikan informasi melalui gambar dan suara,
3.      Sepecial event. Suatu kegiatan atau media pertemuan langsung (face to face), misal : presentasi, diskusi panel, seminar, pameran. dll.
4.      Media luar ruang. Media luar ruang adalah suatu media komunikasi yang di sajikan di tempat umum senga kukuran yang lebih besar misalnya sepanduk, papan reklame, benner, poster dll.

Adapun Menurut Oemi Abdurachman media yang bisa di pakai dalam Pablic Relation adalah.
1.      Media cetak adalah media yang penyampian pesanya melalui tulis menulis misalnya Surat,Bultin, Majalah, dll.
2.      Media Gambar adalah penyajian pesan atau informasi dengan bentuk gambar atau tayangan filem /slides Manfaatnya :
a)      Terdapat kombinasi yang berfaidahbagi public mereka dapat melihat gerak-gerakyang di gunakan mereka.
b)      Menarik perhatian selama tayangan
c)      Dapat memberikan keterangan dengan jelas
d)     Berkesan
3.      Televisi dan Radio Media, Televisi penyajian pesan dengan mengunakan tayangan sekaligus disertai dengan suara(audio visual), sedangkan Radio hanya bisa didengar karena hanya mengunakan suara ini bisa sebagai penerangan, pendidikan dan hiburan.
4.      Pameran
Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.Jenis-jenis Pameran:
a)      Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
b)      Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
c)      Pameran Keliling (Traveling Exhibition)
5.      Open hause.
Menurut arti dasar Open House berasal dari dua kata, Open yang berarti membuka dan House yang berarti rumah, jadi secara garis besar Open House dapat disebut sebagai silturahmi terbuka yang digelar seseorang dengan masyarakat.
6.      Sandiwara/wayang.
Dengan ini komunikator bisa menyampaikan pesan kepada public tentang keadaan masyarakat dengan cara-cara humoris, kritis, sindiran dll.





Sumber :
Abdurrachman,1990, Dasar-Dasar Publik Relation, Bandung: PT. Citra aditya bakti
Cangara, Hafied, 2003, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Iriantara,Yosal 2005, Media Relations; Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Rumanti, Maria Assumta, 2002, Dasar-Dasar Public Relation, Jakarta: Grafindo
http://www.galeri-nasional.or.id/Pameran.php di akses pada 12 april 2012.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar