Berbagai Media Relasi dalam Public Relation
Defenisi
Media Relasi Menurut Para Ahli
1.
Philip
Lesly (1991:7) memberikan definisi MediaRelations sebagai hubungan dengan mediakomunikasi untuk melakukan
publisitas ataumerespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.
2.
Yosal Iriantara (2005:32) mengartikan Media Relations merupakan bagian dari Public Relations eksternalyang membina dan mengembangkan hubungan
baikdengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan
publik untuk mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan
beberapa defenisi di atas, dapat disimpulkan pengertian Media Relations adalah relasi
yang dibangundan dikembangkan dengan media untuk menjangkau public guna
meningkatkan pencitraan, kepercayaan.
Fungsi Media
Relation
1. Dapat meningkatkan citra
perusahaan
2. Meningkatkan kepercayaan
public terhadapa produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
3. Meningkatkan pnit of selling
dari produk dan jasa
4. Membantu perusahaan keluar
dari komunikasi krisis
5. Meningkatkan relasi dari
beragam public, seperti terhadap lembaga pemerintah, perusahaan-perusahaan,
organisasi kemasyarakatan, maupun individu.
Media Relations. Perkembangan
teknologi dan pengaruhnya terhadap bentuk-bentuk media massa memberikan
pengaruh yang berarti bagi perusahaan. Liputan yang baik di media akan
memberikan pencitraan yang baik pula bagi perusahaan, meningkatkan kepercayaan
pelanggan dalam memakai produk perusahaan, dan akhirnya menumbuhkan minat
pemodal untuk menginvestasikan modalnya pada perusahaan. Aktifitas Public
Relations inilah yang menjalin relasi dengan media dan mendapatkan kepercayaan
dari liputan media.
Macam-macam media Public
Relation.
Untuk mendukung mendukung kegiatan
Public relation maka di butuhkan media, media yang bisa digunakan adalah:
1. Media
cetak. Adalah suatu media yang penyajian pesanya tercetak, misalnya, hous
jurnal, majalah, surat kabar (koran).
2. Media
elektronik, media elektronik seperti Audio (Radio) dan Audio Visual (Televisi).
a)
Radio.
Media
komunikasi Radio atau yang biasa di sebut media Audio merupakan media utama
informasi, hiburan dan pendidikan masa yang sangat populer. Selama 60 tahun
lebih radio menduduki peran utama sebagai media komunikasi.
b)
Televisi.
Televisi
merupakan suatu media komunikasi yang sering di sebut audio visual, maksudnya
suatu alat yang bisa memberikan informasi melalui gambar dan suara,
3. Sepecial
event. Suatu kegiatan atau media pertemuan langsung (face to face), misal :
presentasi, diskusi panel, seminar, pameran. dll.
4. Media
luar ruang. Media luar ruang adalah suatu media komunikasi yang di sajikan di
tempat umum senga kukuran yang lebih besar misalnya sepanduk, papan reklame,
benner, poster dll.
Adapun Menurut Oemi
Abdurachman media yang bisa di pakai dalam Pablic Relation adalah.
1. Media
cetak adalah media yang penyampian pesanya melalui tulis menulis misalnya
Surat,Bultin, Majalah, dll.
2. Media
Gambar adalah penyajian pesan atau informasi dengan bentuk gambar atau tayangan
filem /slides Manfaatnya :
a)
Terdapat kombinasi yang berfaidahbagi public
mereka dapat melihat gerak-gerakyang di gunakan mereka.
b)
Menarik perhatian selama tayangan
c)
Dapat memberikan keterangan dengan jelas
d)
Berkesan
3. Televisi
dan Radio Media, Televisi penyajian pesan dengan mengunakan tayangan sekaligus
disertai dengan suara(audio visual), sedangkan Radio hanya bisa didengar karena
hanya mengunakan suara ini bisa sebagai penerangan, pendidikan dan hiburan.
4. Pameran
Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya
seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat
luas.Jenis-jenis Pameran:
a)
Pameran Tetap (Permanent Exhibition)
b)
Pameran Temporer (Temporary Exhibition)
c)
Pameran Keliling (Traveling Exhibition)
5. Open
hause.
Menurut arti dasar Open House berasal dari dua kata, Open
yang berarti membuka dan House yang berarti rumah, jadi secara garis besar Open
House dapat disebut sebagai silturahmi terbuka yang digelar seseorang dengan
masyarakat.
6. Sandiwara/wayang.
Dengan ini komunikator bisa menyampaikan pesan kepada public tentang
keadaan masyarakat dengan cara-cara humoris, kritis, sindiran dll.
Sumber
:
Abdurrachman,1990, Dasar-Dasar
Publik Relation, Bandung: PT. Citra aditya bakti
Cangara, Hafied,
2003, Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Iriantara,Yosal 2005,
Media Relations; Konsep, Pendekatan, dan Praktik, Bandung: Simbiosa
Rekatama Media
Rumanti, Maria
Assumta, 2002, Dasar-Dasar Public Relation, Jakarta: Grafindo
http://www.galeri-nasional.or.id/Pameran.php di akses pada 12 april 2012.
0 komentar:
Posting Komentar